Cara Membuat Footnote Catatan Kaki Di Word Termudah Lengkap Gambar

Mungkin bagi sebagian sudah tidak asing dengan istilah footnote. Biasanya terletak pada sebuah dokumen tesis, skripsi, makalah, jurnal dan dokumen penulisan akademis lainnya.

Sebagian orang juga mungkin ada yang belum paham mengenai footnote, dan belum tau cara menggunakan footnote.

Bagi kamu yang belum tau insert atau menambah footnote di word, dalam artikel berikut akan dijelaskan bagaimana cara membuat footnote di word.

Apa itu Footnote?

Sebelum ke caranya, alangkah lebih kamu mengetahui terlebih dahulu apa itu footnote.

Footnote atau yang biasa disebut catatan kaki adalah sebuah catatan kecil yang berisi informasi tambahan, penjelasan, referensi ataupun kutipan.

Footnote biasanya terletak dibagian bawah tulisan halaman. Dan biasanya rata-rata digunakan untuk memberikan “sumber” kutipan ataupun referensi yang sebelumnya sudah dikutip.

Selain itu catatan kaki memiliki ciri khusus, yaitu penulisannya lebih kecil dibanding teks utama, dan biasanya terdapat angka kecil sebagai pembuka, jadi untuk memudahkan pembaca untuk mengetahui bahwa teks tersebut adalah catatan kaki.

Cara Membuat Footnote di Word

1. Buka dokumen, lalu arahkan kursor pada teks yang ingin kamu buat catatan kakinya. Kamu juga bisa menandai teks dengan menggunakan warna ataupun dengan teks tebal, agar lebih menjelaskan bahwa teks tersebut adalah kutipan ataupun berasal dari sumber luar.

Cara Membuat Footnote di Word

2. Selanjutnya klik Tab References > Insert Footnote

Cara Membuat Footnote di Word

3. Kemudian isi footnote pada bagian bawah halaman sesuai sumber referensi atau kutipan yang kamu ambil.

Cara Membuat Footnote di Word

Kenapa pada footnote terdapat nomor angka? karena akan menjelaskan bahwa dalam dokumen tersebut ada beberapa sumber referensi ataupun kutipan yang diambil.

Akhir Kata

Itulah cara membuat footnote di word dengan mudah. Dengan begitu kamu bisa menjelaskan kepada pembaca dari mana asal sumber referensi yang kamu ambil. Dengan begitu akan meningkatkan kredibilitas karya kamu.

Selain itu, footnote juga bisa berguna untuk menjelaskan poin yang rumit atau istilah teknis, juga untuk menambahkan informasi pendukung yang tidak terlalu penting untuk alur bacaan utama dan untuk menambahkan komentar atau catatan penulis.

That’s It.

Artikel Lain Yang Mungkin Kamu Suka?