Tidak Sama! Ini Perbedaan Modem dan Router (Lengkap)

Perbedaan Modem dan Router

Akses internet saat ini sudah menjadi kebutuhan utama bagi sebagian orang, entah itu untuk mencari informasi, berkomunikasi, ataupun aktivitas online lainnya. Untuk mengakses internet, membutuhkan perangkat yang disebut modem dan router.

Saat memasang internet dirumah, kantor, ataupun sekolah kamu tentu akan mendengar tentang modem dan router. Meskipun sering disalahartikan sebagai hal yang sama, modem dan router memiliki fungsi yang berbeda.

Dalam artikel ini, akan dibahas apa perbedaan modem dan router. Tapi alangkah baiknya kita bahas dulu satu persatu pengertian modem dan router, baru kita lanjut ke perbedaannya.

Apa Itu Modem?

Modem (modulator-demodulator) adalah sebuah perangkat yang dapat menerima dan mengirim koneksi internet dari ISP lalu menghubungkan nya ke satu perangkat.

Modem menerima sinyal internet dari Internet Service Provider (ISP), baik melalui kabel telepon, kabel koaksial, kabel fiber optik, ataupun sinyal nirkabel (ponsel) kemudian mengubahnya menjadi sinyal digital yang dapat dipahami oleh perangkat sampai akhirnya bisa ber internetan.

Ada berbagai jenis modem yang tersedia, seperti modem kabel, modem DSL, modem dial-up, modem GSM dan modem CDMA

Apa Itu Router?

Router adalah sebuah perangkat yang dapat menghubungkan dan menyalurkan koneksi internet dari modem ke perangkat lain seperti komputer, laptop, hp, dan lainnya secara bersamaan.

Selain itu, Router juga dapat berperan sebagai pengatur lalu lintas (routing) data internet seperti mengatur keamanan (firewall) jaringan, mengatur IP, dll.

Perbedaan Modem dan Router

Sederhananya, Modem befungsi menerima dan mengirim sinyal dari ISP agar tersedia jaringan internet, sementara Router untuk “membuat” jaringan di dalam nya dan membagikan atau menyebarkan ke perangkat lain melalui WiFi maupun kabel ethernet untuk menciptakan LAN (Local Area Network).

Modem sebagai penghubung awal internet, Router membaginya ke beberapa perangkat.

Modem menerima koneksi internet dari ISP (Penyedia Layanan Internet), sedangkan Router menerima koneksi internet dari Modem.

Modem dapat berdiri sendiri alias tidak membutuhkan router, sedangkan router membutuhkan modem untuk bisa menyalurkan internet ke perangkat lain.

Modem biasanya hanya memiliki satu lubang port ethernet saja, sedangkan Router lebih dari satu port.

Router memiliki pengaturan yang lebih kompleks seperti routing, DHCP, firewall, QoS, paralel WiFi dan lain-lain, sedangkan Modem tidak.

Router hanya dapat menghubungkan beberapa perangkat dalam jangkauan saja (LAN), sedangkan Modem dapat menghubungkan ke perangkat dari jarak jauh (contoh ISP ke rumah, ISP ke ponsel).

Router dapat memberikan IP Address ke perangkat yang terhubung, sedangkan Modem tidak.

Apakah Modem dan Router Merupakan Perangkat Terpisah?

Pada dasarnya iya, seperti contoh dulu ketika berlangganan internet Telkom, biasanya diberikan 2 perangkat yaitu modem dan router.

Berbeda dijaman sekarang yang hanya 1 perangkat saja yaitu router yang sudah dilengkapi teknologi modem didalamnya. Dapat menjalankan fungsi modem dan router sekaligus.

Jadi memang ada jenis router yang sudah include modem didalam nya (Gateway). Hal tersebut tentu dapat meningkatkan efisiensi dan tentunya dapat membuat kamu bisa terhubung dengan internet (modem) sekaligus menyalurkannya ke perangkat lain (router). Jadi kamu tidak perlu lagi menggunakan perangkat modem dan router terpisah.

Penutup

Baik modem dan router sama-sama sebagai media penghubung koneksi internet. Keduanya saling berhubungan satu sama lain. Apalagi sekarang modem dan router sudah menjadi satu kesatuan alias bukan perangkat terpisah lagi.

Sudah paham perbedaan modem dan router?

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat.

Artikel Lain Yang Mungkin Kamu Suka?