2 Cara Kompres PDF Ukuran Sesuai Keinginan Kita Tanpa Aplikasi (Bisa Untuk CPNS, PPPK, BUMN, dll)

Cara Kompres PDF Ukuran Sesuai Keinginan

Bagi kamu seorang pelajar, mahasiswa ataupun pekerja tentu sudah mengenal apa itu format pdf. Semua dokumen biasanya dibagikan dengan format pdf. Karena tampilan dokumen jika diubah ke format pdf memang sangat bagus, simple dan tidak berantakan.

Salah satu keunggulan pdf adalah dapat membuat dan membagikan dokumen dengan mempertahankan format aslinya. Selain itu, pdf memiliki ukuran lebih kecil dibanding dengan jenis format dokumen lainnya.

Seperti contoh ketika kamu mempunyai sebuah dokumen Word atau Excel jika disimpan atau diconvert kedalam format pdf, ukuran akan bertambah kecil.

File berformat Pdf digunakan oleh rata-rata banyak orang termasuk perusahaan-perusahaan sebagai syarat rekrutmennya.

Tentu kita semua sudah tahu, syarat dokumen yang harus di upload yaitu dokumen dengan format pdf dengan ukuran maksimal yang dicantumkan.

Yang jadi masalah adalah pernahkah kamu memiliki dokumen pdf tetapi masih memiliki ukuran yang besar? artinya ukuran masih di atas dari batas maksimal yang ditetapkan. Hal tersebut terjadi karena terlalu banyak isi didalamnya.

Solusinya yaitu dengan mengompres file pdf agar ukuran menjadi lebih kecil. Kompres file pdf berguna ketika ada rekrutmen BUMN, CPNS, P3K, dan lainnya, karena menggunakan format pdf untuk kelengkapan dokumennya.

Lalu bagaimana cara kompres pdf dengan ukuran sesuai keinginan? Dalam artikel berikut akan dijelaskan dengan mudah dan tanpa aplikasi.

Cara Kompres PDF Ukuran Sesuai Keinginan

Cara Pertama (Via 11zon.com)

1. Buka situs 11zone.com

2. Pilih file pdf yang ingin di kompres

Cara Kompres PDF Ukuran Sesuai Keinginan

3. Sesuaikan angka pada Compression Level nya (lebih besar angka, lebih kecil ukuran pdf) untuk melihat hasil ukuran nya, klik Compress. Akan muncul ukuran tepat dibawah file.

Cara Kompres PDF Ukuran Sesuai Keinginan

Jika masih belum puas dengan ukurannya, silahkan naikkan kembali angka nya, lalu klik compress lagi.

Cara Kompres PDF Ukuran Sesuai Keinginan

4. Jika sudah sesuai dan puas dengan hasil ukurannya, silahkan klik Download

Cara Kompres PDF Ukuran Sesuai Keinginan

Selesai.

Cara Kedua (Via Pi7.org)

1. Buka situs pdf.pi7.org 

2. Pilih file pdf yang ingin dirubah ukurannya.

Cara Kompres PDF Ukuran Sesuai Keinginan

3. Pada opsi ukuran PDF sesuaikan dengan ukuran keinginan misal 500 KB. Jika sudah klik Kompres

Cara Kompres PDF Ukuran Sesuai Keinginan

4. Tunggu proses nya

Cara Kompres PDF Ukuran Sesuai Keinginan

5. Akan muncul file pdf beserta ukurannya. Ukuran tidak pasti sama dengan yang sudah kita tentukan, akan tetapi tidak akan lebih dari yang sudah diatur. Jika sudah sesuai, klik Download

Cara Kompres PDF Ukuran Sesuai Keinginan

Selesai.

Akhir Kata

Pada dasarnya, tidak semua file pdf bisa dengan mudah di kompres sesuai dengan ukuran yang di inginkan, hal tersebut akan berdampak pada kualitas isi didalamnya. Biasanya akan sedikit lebih burem atau bahkan rusak.

Tools-tools online pengompres pdf, biasanya memiliki mode otomatis ke ukuran tertentu agar kualitas tetap terjaga, akan tetapi dengan kekurangan ukuran maish belum sesuai keinginan (alias masih besar). Jika kamu masih ingin sesuai dengan keinginan, ada opsi yang dapat dipilih akan tetapi akan mengurangi kualitasnya.

Jadi untuk mengecilkan ukuran pdf, saya sarankan file yang memiliki ukuran tidak terlalu jauh dengan ukuran yang di inginkan. Seperti contoh file pdf ukuran 1 MB akan dikompres ke ukuran 500 KB, itu masih aman.

Berbeda ketika pdf berukuran 6 MB akan dikompres ke 500 KB, ini yang akan menjadi kualitas menjadi jelek, pecah bahkan tidak dapat dibaca.

Solusinya jika kamu memiliki ukuran pdf yang terlalu besar dan ingin diubah ke ukuran yang sangat kecil, kamu harus merombaknya terlebih dahulu, yaitu merubah isi dalam pdf itu sendiri. Biasanya pada ukuran pdf yang besar terdapat foto di dalamnya.

Merubah isi yang saya maksud adalah mengurangi beberapa halaman, ataupun merubah resolusi foto scan nya. Resolusi foto hasil scan biasanya masih asli yang memiliki ukuran resolusi besar, hal tersebut akan berdampak juga pada file pdf.

That’s It.

Artikel Lain Yang Mungkin Kamu Suka?